~ It's simple. Just say what you want (Don't say what you don't want)... ~

Wednesday, September 22, 2010

Siapakah Anda?



Siapa Anda?

“Anda siapa?”, tanya Guru kepada seorang tamu yang hendak meminta petunjuk beliau.

“Saya Basri”, jawabnya.
“Saya tidak menanyakan nama Anda”
“Oh ...saya seorang penulis tetap di sebuah harian dan sejumlah tabloid Ibukota”
“Saya tidak menanyakan apa profesi Anda. Tapi siapa Anda?”
“Oh ya ...saya lupa memperkenalkan diri kalau saya orang Sumatra, lahir dari ibu Padang dan ayah Batak Pak ...”
“Saya tidak menanyakan dari etnis mana Anda.

Sekali lagi, yang saya tanyakan: Siapa Anda?”, seraya menunjuk si penulis. “? ? ?” [‘Mesti jawab apa ya?’ Begitu pikir si penulis itu]







inilah pertanyaan spiritual terpenting, yang tentu tak bisa --dan meemng tak perlu-- dijawab secara intelek.

2 comments:

  1. puyeng jawabnya, kalo pertanyaannya mengambang kayak gituh,,,

    ReplyDelete
  2. jawabannya bisa kita temukan pada diri sendiri,
    mengenali diri mesti langsung menyelam ke kedalaman diri ini sedalam-dalamnya.
    cukup AKU yang mengetahui siapa diriKU,orang lain tak akan tahu siapa AKU sebenarnya........
    aku yang tampak adalah se onggok daging yang berjalan.......dapat makan,minum,tidur....dsb....
    jika AKU tidak ada, maka aku yang tampak bukan jadi apa-apa,melainkan menjadi mayat.....tapi jika AKU ada maka inilah diriKU.............

    renungan diriKU.....

    ReplyDelete