~ It's simple. Just say what you want (Don't say what you don't want)... ~

Friday, June 10, 2011

Analogi tingkat kesadaran manusia dlm JAWA

Ada sebelas susunan tembang Macapat di Jawa. Sebelas tembang tersebut adalah analogi tingkat kesadaran manusia. Urutannya adalah sbb :

1. Mijil : Keluar, yaitu Lahir didunia dengan kesadaran sesuai hasil kehidupan masa lalu kita.

2. Maskumambang : Bagai emas yang muncul yaitu Kesadaran balita, dimana dunia terlihat penuh kegembiraan semata.

3. Sinom : Kesadaran masa remaja/NOM. Dimana dunia dianggap tantangan. Kesadarannya ada pada tataran ingin mencoba segala sesuatu.

4. Asmaradana : Terpikat cinta yaitu Kesadaran membutuhkan sosok yang bisa dijadikan teman seperjalanan.

5. Kinanthi : Mencari pendamping - Kanthi artinya bergandengan) : Kesadaran membutuhkan untuk bersandar pada sesuatu, baik itu sokongan derajat, pangkat, istri dan sosok Tuhan.

6. Durma : Kesadaran untuk mulai mencari kebahagiaan ruhaniah – munDUR

7. Dhandhanggula : Kesadaran bahwa dunia ini ternyata illusi yang manis, bagai burung gagak hitam /Manuk Dhandhang yang menjemukan namun sangat melenakan/manis)

8. Pangkur : Kesadaran mulai mengejar kebahagiaan sejati dan mungkur/membalikkan diri dari segala keterikatan duniawi.

9. Gambuh : Kesadaran ‘Mbuh’ atau ‘Tidak peduli’, suatu kesadaran yang sudah bisa lepas dari semua keterikatan duniawi, bahkan agama itu sendiri.

10. Megatruh : Saat-saat akhir hidup manusia/ Megat Roh alias berpisah dengan Roh, dimana diharapkan Kesadaran sudah mampu lepas dari semua keterikatan

11. Pocung : atau Pocong atau Mati. Yaitu Kesadaran bahwa dirinya sudah selesai menjalani satu siklus kehidupan, dan masih ada siklus kehidupan selanjutnya demi kembali meningkatkan Kesadarannya lebih tinggi lagi.


di dalam fengshui itu disebut 12 sikulus mas - lahir - bayi - kanak kanak - dewasa - soak - sakit - mati - kubur - musnah - janin - dalam kandungan... proses nya sama dan pengertian sama ., cuma beda terminologi....

No comments:

Post a Comment